Selamat Datang di Situs Resmi Mitrapulsa ! Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat!

 

NILAI KESEHATAN
oleh Suhirman, S.Ag.

Kesehatan adalah anugerah Allah SWT. yang sangat berharga
dan tidak dapat diukur dengan apapun

Kita tidak pernah mampu menghitung nikmat Allah yang diberikan kepada kita oleh karena itu kita wajib bersyukur atas segala nikmat yang diberikannya. Alhamdulillahirabbil alamiin. Nikmat kesehatan adalah nikmat terbesar sesudah NIKMAT IMAN dan NIKMAT HIDUP.

Nikmat Allah begitu luar biasa, mulai dari kita tidur sampai kita tidur lagi tidak bisa lepas dari nikmat Allah. Nafas yang kita hembuskan tiap detik karena pemberian-Nya, coba anda bayangkan jika Allah menahan nafas kita selama 15 menit saja, maka akan terganggu system pernapasan kita, kematianpun segera menjemput kita.

Coba anda hitung berapa liter oksigen yang anda hirup tiap hari tanpa harus membeli, silahkan tanyakan ke rumah sakit berapa harga oksigen. Andaikan anda disuruh membeli, niscaya penghasilan anda tidak akan cukup untuk membeli oksigen yang tiap hari anda hirup untuk bernafas. Subhanallah wabihamdihi.

Andaikan anda mau menghitung detail organ-organ dari tubuh anda mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki, niscaya kita akan menemukan karunia Allah yang tak terhingga yang tidak mungkin diukur dengan apapun. Tetapi kebanyakan manusia tidak sadar dan biasanya baru sadar setelah nikmat itu diambil oleh Allah, misalnya tidak bisa kencing, tidak bisa berak, tidak bisa melihat dan lain-lain.

Andaikan kita mensyukuri nikmat Allah dalam tiap hembusan nafas kita, niscaya itu tidak cukup dan tidak sebanding dengan nikmat yang diberikan oleh Allah swt kepada kita. Maka sudah sepatutnya kita tunduk dan patuh kepada Allah swt serta senantiasa bersyukur kepada Allah swt.

Oleh sebab itu kita harus menjaga kesehatan dengan cara hidup sehat sesuai dengan tuntunan Allah swt dan rasul-Nya. Kita jaga tubuh kita dengan memberikan makanan yang sehat, baik dan halal. Jangan membiarkan tubuh kita dikotori oleh makanan haram yang merupakan sumber penyakit bagi tubuh. Yakinlah! bahwan semua yang diharamkan oleh Allah swt itu berbahaya bagi tubuh kita. Allah swt yang menciptakan kita, sehingga Dia lebih mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk kita makan.

Pengertian sehat menurut World Health Organization (WHO) adalah keadaan yang menunjukkan sehat fisik, mental, dan sosial bukan hanya terbebas dari penyakit, cacat dan kelemahan saja. Sehat ditinjau dari sisi awam adalah berfungsinya seluruh organ tubuh secara optimal. Kondisi tubuh yang sehat merupakan modal utama untuk beraktifitas dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ironisnya kita baru akan peduli terhadap kesehatan manakala kita sedang mengalami sakit atau ada organ tubuh yang tidak bekerja dengan baik. Saat itulah kita baru menyadari betapa pentingnya kesehatan.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas kesehatan, diantaranya adalah :

  • Makan cukup, teratur, seimbang dan variatif
  • Olah raga secara teratur
  • Hindari rokok dan zat-zat adiktif lain yang berbahaya
  • Hindari stress dan menjaga keseimbangan spiritual
  • Jauhi semua makanan dan minuman haram
  • lakukan puasa sesuai tuntunan Allah dan rasul-Nya

 

Kembali ke halaman utama >>>